Jenis dan Bentuk Soal UKG Guru

Uji kompetensi guru (UKG) menggunakan bentuk soal pilihan ganda guna mengukur kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Pengembangan instrumen uji kompetensi awal terdiri atas kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali untuk guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit.

Aspek kompetensi yang diujikan



1. Kompetensi Pedagogik

Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan Permendiknas sebagai berikut:

a. Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik
b. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif
c. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum
d. Melaksanakan pembelajaran yang efektif
e. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran

Kompetensi yang diinginkan adalah konsistensi penguasaan pedagogik antara content dengan performance,yaitu bukan sekedar penguasaan guru tentang pengenalan peserta didik, model belajar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tetapi tes yang mampu memprediksi bagaimana guru mengintegrasikan kelimanya dalam pelaksanaan pembelajaran.

2. Kompetensi Profesional

a. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
b. Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif
c. Konsistensi penguasaan materi guru antara content dengan performance:


  • teks, konteks, & realitas

  • fakta, prinsip, konsep dan prosedur

  • ketuntasan tentang penguasaan filosofi, asal-usul, dan
    aplikasi ilmu



Contoh Pengembangan Soal UKG




  1. Contoh Soal UKG Guru TK

  2. Contoh Soal UKG Guru SD

  3. Contoh Soal UKG Guru SMP

  4. Contoh Soal UKG Guru SMA

  5. Contoh Soal UKG Guru SMK




Catatan : Maaf kami bukan menggurui Bapak/Ibu guru, artikel-artikel tersebut hanyalah memberikan motivasi bagi Anda, semoga sukses!

Kisi-kisi dan soal UKG dijabarkan berdasarkan:

a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.
c. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.
d. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus
e. Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

UKG mengukur kompetensi dasar tentang bidang studi (subject matter) dan pedagogik dalam domain content. Kompetensi dasar bidang studi yang diujikan sesuai dengan bidang studi sertifikasi (bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik) dan sesuai dengan kualifikasi akademik guru (bagi guru yang belum bersertifikat pendidik). Kompetensi pedagogik yang diujikan adalah integrasi konsep pedagogik ke dalam proses pembelajaran bidang studi tersebut dalam kelas.

Pendekatan yang digunakan adalah tes penguasaan subject matter pada jenjang pendidikan tempat tugas guru. Instrumen tes untuk guru bidang studi SMP, SMA, dan SMK akan dibedakan dengan asumsi bahwa pembinaan profesi dan penilaian kinerja guru didasarkan pada tempat tugas mengajar guru. Uji kompetensi pedagogik mengunakan pendekatan inti sel dari varian dari kompetensi pedagogik dimaksud.

Kesimpulan :Soal UKG Guru dikembangkan dari kisi-kisi sesuai mata pelajaran yang bersangkutan, saran kami kepada Bapak/Ibu adalah daripada mencari kesana kemari tentang soal-soal UKG yang belum tentu sesuai, baik dalam materi maupun bentuknya lebih baik mari kita kembangkan kisi-kisi yang kita miliki. Kisi-kisi yang dimaksud adalah kisi-kisi UKG 2012 dari Kemdikbud yang bisa di didownload disini, Terima kasih!

Selama menunaikan ibadah di Bulan Suci Ramadhan! :)

0 comments:

Post a Comment

 
About | Privacy | Disclaimer
© Copyright web.edikomputer.com™ 2011 - All rights reserved.

Design by : edikomputer template editchil v.1.0