Contoh Soal UKG TK

Contoh Soal UKG TK / Paud kemungkinan dikembangkan dari sekitar 10 kompetensi pedagogik dan sekitar 6 kompetensi profesional, masing-masing beserta sub kompetensi, dan indikator esensialnya. Ke-10 kompetensi pedagogik yang dimaksud diantaranya adalah penguasaan karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. Seterusnya penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampu, menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik, memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik, memfasilitasi
pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, berkomunikasi secara
efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar, memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, serta yang ke-10 melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.



Sedangkan 6 kompetensi profesional yang dimaksud diantaranya meliputi penguasaan materi struktur konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung matapelajaran yang diampu, menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu, mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif, mengkatagorisasikan komponenrefleksi kinerja guru, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri.

Contoh soalnya bisa mencakup persoalan-persoalan seperti ini :



  1. Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik


  2. Menjelaskan teori belajar yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan di TK/PAUD (Teori Piaget, Vigotsky, Erikson, Smilansky)


  3. Memberikan contoh aplikasi prinsip belajar melalui bermain yang terkait dengan berbagai bidang pengembangan


  4. Menguasai penggunaan berbagai alat permainan untuk mengembangkan aspek fisik, kognitif, sosial-emosional


  5. Mengkatagorisasikan alat permainan untuk pengembangan kemampuan musik dan seni anak


  6. Merancang kegiatan pengembang materi sains untuk anak TK/Paud


  7. Menguasai berbagai permainan anak


  8. Mencontohkan model pengembangan diri sesuai kemajuan zaman


  9. Mengurutkan efektivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan pengembangan diri



Dan seterusnya itu kami tampilkan hanya beberapa contoh soal yang selayaknya dikembangkan.

Bandingkan dengan contoh soal yang dikembangkan PLPG Sertifikasi Guru dalam Jabatan tahun 2008 TK :


  1. Perkembangan motorik adalah :



    1. Gerakan yang dilakukan oleh seluruh tubuh


    2. Perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh


    3. Berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot


    4. Hasil pola interaksi yang kompleks dari berbagai bagian dan sistem di dalam tubuh yang dikontrol otak


  2. Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah



    1. Cerebral cortex


    2. Batang otak


    3. Cerebellum


    4. Basal ganglia


  3. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun


    1. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit)


    2. Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar)


    3. Menggambar garis lurus


    4. Menggambar coret-coretan


  4. Karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun


    1. Melompat-lompat dengan kaki bergantian


    2. Melompat dengan dua kaki sekaligus di atas bak/ hamparan pasir


    3. Melompati parit


    4. Melompat dengan satu kaki


  5. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik-motorik


    1. Kematangan dan pengendalian gerakan tubuh


    2. Melibatkan fungsi-fungsi atau modalitas otak lainnya


    3. Keterampilan dan kemampuan mengingat gerak yang sesuai dengan urut-urutan tumbuh kembang otak


    4. Sifat dasar genetik termasuk bentuk tubuh dan kecerdasan


  6. Perkembangan sosial adalah


    1. Penerimaan sosial yang sesuai dengan tuntutan kelompok


    2. Perolehan kemajuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial


    3. Belajar bergaul dengan orang lain atau anak


    4. Penyesuaian sosial sebagai anggota kelompok sosial


  7. Proses sosialisasi adalah


    1. Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial


    2. Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial


    3. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial


    4. Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima


  8. Bagaimanakah gambaran orang yang sosial?


    1. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain


    2. Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat


    3. Orang yang merasa puas semata-mata karena berada bersama orang lain


    4. Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam proses sosialisasi


  9. Mengapa keluarga mempunyai peran penting dalam proses sosialisasi anak?


    1. Keluarga sebagai lingkungan sosial pertama kali dan anak menerima pendidikan pertama dan utama


    2. Keluarga mempunyai kewajiban mendidik anak-anaknya


    3. Keluarga mempunyai kewajiban memberikan kasih sayang kepada anak-anaknya


    4. Keluarga merupakan kelompok kecil yang anggota-anggotanya berinteraksi secara tatap muka dan relatif tetap


  10. Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah


    1. Pengasuhan permissive-indulgent


    2. Pengasuhan otoritatif


    3. Pengasuhan permissive-indefferent


    4. Pengasuhan otoriter


  11. Emosi menurut Goleman adalah


    1. Perasaan yang ada dalam diri seseorang, berupa senang atau tidak senang, benci atau cinta


    2. Berbagai perasaan yang kuat, yakni benci, takut, marah, senang dan sedih


    3. Sebagai perasaan atau afeksi yang melibatkan suatu campuran antara gejolak fisiologis dan perilaku yang tidak tampak


    4. Merujuk pada suatu perasaan atau pikiran-pikiran khasnya suatu keadaan biologis dan psikologis, serta serangkaian kecenderungan untuk bertindak


  12. Anak-anak menggunakan emosi untuk menginformasikan orang lain tentang perasaan dan kebutuhan mereka termasuk dalam fungsi emosi sebagai


    1. Pengaturan (regulation)


    2. Komunikasi (communication)


    3. Kelangsungan hidup (survival)


    4. Penyesuaian diri (adaptation)


  13. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak


    1. Faktor keturunan dan lingkungan


    2. Faktor bawaan dan pendidikan


    3. Faktor kematangan dan belajar


    4. Faktor intelektual dan sosial


  14. Apabila tuntutan dari luar berlawanan dengan keinginan maka seseorang akan mengalami emosi


    1. Marah


    2. Gembira atau senang


    3. Sedih


    4. Takut


  15. Mampu memuji, memberi semangat, atau menolong anak lain termasuk tugas perkembangan emosi anak berusia


    1. 5 tahun


    2. 5 tahun 6 bulan


    3. 4 tahun


    4. 4 tahun 6 bulan


  16. Menurut Jean Piaget, anak yang membangun kemampuan kognitif melalui interaksi dengan dunia sekitar disebut


    1. Strukturalisme


    2. Konstruktivisme


    3. Behaviorisme


    4. Progressivisme


  17. Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan


    1. Praoperasional


    2. Formal operasional


    3. Konkrit operasional


    4. Sensorimotor


  18. Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah


    1. Ekuilibrium


    2. Akomodasi


    3. Adaptasi


    4. Asimilasi


  19. Anak yang sudah mulai dapat membedakan antara fantasi dan kenyataan yang sebenarnya, berada dalam rentang usia


    1. 4-5 tahun


    2. 2-3 tahun


    3. 3-4 tahun


    4. 5-6 tahun


  20. Pembelajaran yang paling tepat untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun adalah


    1. Mengajar membaca, menulis dan berhitung


    2. Memberi kesempatan pada anak untuk memperoleh pengalaman langsung dalam berbagai aktivitas pembelajaran


    3. Memberikan pekerjaan rumah agar anak dapat belajar di rumah


    4. Memberi pelajaran sebagai persiapan masuk sekolah dasar


  21. Bagaimanakah cara anak memperoleh bahasa ketika berusia kurang dari satu tahun?


    1. Mendengarkan orang dewasa berbicara


    2. Meniru ucapan orang dewasa


    3. Memperhatikan muka orang dewasa dan menanggapi dengan bahasa mereka


    4. Bermain-main dengan bunyi (mengoceh)


  22. Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah


    1. Morfologi


    2. Fonologi


    3. Semantik


    4. Pragmatik


  23. Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah


    1. Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat


    2. Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang terdapat dalam sebuah kata


    3. Suatu sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata


    4. Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi dan urutan ujaran, dan susunan suku kata


  24. Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah


    1. Sosiokultural


    2. Genetik


    3. Behavioristik


    4. Konstruktivistik


  25. Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah


    1. Membuat lingkungan yang saling asuh


    2. Pembelajaran untuk membantu perkembangan dan belajar anak


    3. Menyusun kurikulum yang sesuai


    4. Memacu perkembangan anak dengan memberikan pelajaran baca dan menulis



  26. Pengembangan kreativitas akan berhasil jika


    1. Pelaksanaan pembelajaran pada anak usia dini berorientasi pada pelajaran membaca, menulis, dan berhitung, maka fungsi imajinasi pada belahan otak kanan terabaikan


    2. Membebani belahan otak kiri pada anak dengan tugas-tugas hafalan dan bersifat akademis


    3. Pembelajaran pada anak usia dini dilaksankan secara seimbang dan harmonis dalam mengembangkan kedua belahan otak


    4. Pembelajaran anak usia dini kurang memberikan kebebasan kepada anak untuk berekspresi


  27. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah


    1. Mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi juga bisa tenang dan rileks, bergantung pada situasinya


    2. Mempunyai kemampuan untuk melihat bermacam-macam kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah


    3. Sangat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya


    4. Sikap keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan terhadap hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga merasakan kegembiraan yang luar biasa


  28. Yang tidak termasuk dalam strategi empat P dalam pengembangan kreativitas adalah


    1. Pribadi


    2. Proses


    3. Pendorong


    4. Prosedur



Kesimpulan :Soal UKG Guru dikembangkan dari kisi-kisi sesuai mata pelajaran yang bersangkutan, saran kami kepada Bapak/Ibu adalah daripada mencari kesana kemari tentang soal-soal UKG yang belum tentu sesuai, baik dalam materi maupun bentuknya lebih baik mari kita kembangkan kisi-kisi yang kita miliki. Kisi-kisi yang dimaksud adalah kisi-kisi UKG TK 2012 dari Kemdikbud yang bisa di didownload disini, Terima kasih!


0 comments:

Post a Comment

 
About | Privacy | Disclaimer
© Copyright web.edikomputer.com™ 2011 - All rights reserved.

Design by : edikomputer template editchil v.1.0